Google Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Minggu, 11 Desember 2011

Tutuorial tentang Flickr

Kali ini saya akan membuat tutorial atau panduan tentang Flickr. Sebelumnya saya akan menjelaskan secara singkat apa itu Flickr ?  Flickr merupakan salah satu situs web untuk berbagi tentang foto dan situs komunitas online. Selain photobucket dan kawan kawannya, situs web ini dimanfaatkan oleh banyak pencinta blog ( blogger ) sebagai directory foto- foto mereka. Popularitas flikr kini mulai menggema seiring dengan semakin canggihnya layanan technology yang inovatif yang bisa menampilkan foto dan video yang berkualitas. Jadi bisa disimpulkan, Flickr adalah situs/web untuk share foto secara online.
Di sini saya akan menjelaskan secara terperinci mulai dari membuat akun di flickr sampai apa-apa saja yang menjadi fitur di dalam Flickr tersebut. Ini adalah susunan penejelasannya :
A.    Cara membuat Akun
B.     Cara upload foto
C.     Cara share foto
Saya akan memulai penjelasan dari cara membuat akun di Flickr.
A.     CARA MEMBUAT AKUN FLICKR
1.     Kita bukan terlebih dahulu halaman web Flickrnya (http://www.flickr.com) lalu jika kita buat terlebih dahulu akun kita. Klik “Sign Up” pada halam awal Flickr.

2.     Untuk mendaftar atau membuat akun, terdapat beberapa pilihan. Bisa dengan email dari yahoo, gmail, atau pun facebook. Tapi, di sini saya akan membuat dengan email google(gmail).
Masukkan email Anda beserta dengan passwordnya, kemudian klik “sign in”.
3.     Selanjutnya Anda akan disuruh mengisi screen name untuk Flickr Anda. Pilihlah nama yang unik agar nama Anda tidak terbentur dengan nama user yang lain. Jika sudah mengisi nama, klik “create my account”.

4.     Tampilan ini menunjukkan Anda telah berhasil  membuat akun di flickr, ini adalah contoh tampilan home pada akun Anda. Kemudian Anda lakukan personalisasi pada akun Anda, Klik “Personalize your profile”.







5.     Klik “Lets do it” untuk memulai personalisasi.
6.     Pada langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk memberikan ikon untuk profil Anda, klik “find an image on my computer”.



7.     Klik “browse” untuk memilih foto yang ingin di upload, setelah selesai memilih foto klik “upload” untuk menguploadnya.
8.     Tunggu sesaat untuk proses pengupload’an, jika proses sudah berhasil maka akan muncul kotak seperti di bawah ini. Jika foto yang Anda upload terlalu besar, Anda dapat mengeditnya dengan cara di crop. Setelah selesai, klik “make the icon” untuk melanjutkannya.

9.     Ini adalah tampilan jika Anda sukses mengupload foto profil, untuk melanjutkan ke step 2 klik “next”.

10.   Pada step 2, Anda akan diminta untuk memberi nama Flickr URL Anda. Isikan nama yang diinginkan pada kotak yang disediakan. Kemudian untuk mengecek apakah nama URL Anda disetujui atau tidak, klik “Preview”.

11.   Jika nama URL Anda telah disetujui, maka akan menampilkan seperti di bawah ini. Kemudian untuk mengkunci nama tersebut, Klik “OK, Lock It In And Continue”.

12.   Kemudian pada step 3, Anda akan diminta untuk mengisi form data diri Anda . Setelah dikira cukup, maka klik “next” untuk melanjutkan.

13.   Akhirnya, selamat Anda telah membuat akun di flickr. Ucapkan Alhamdulillah. :D



B.      Mengupload Foto di Flickr
1.     Untuk mengupload foto di flickr, langkah pertama adalah klik “upload your first photo”.

2.     Kemudian klik “choose photos and videos”, untuk memilih gambar yang ingin di upload.

3.     Kemudian setelah selesai memilih file, unduh foto tersebut. Maka akan diproses sementara waktu untuk proses uploadnya, seperti gambar di bawah ini.


4.     Jika proses upload selesai, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Di bagian ini Anda dapat menambahkan desdkripsi, tentang file yang diupload dan dapat juga di-tag untuk berbaghi bersama user yang lain.

C.       Share foto dari Flickr
1.     Setelah kita berhasil mengupload foto ke flikcr, kita akan mencoba share foto tadi melalui flickr. Step 1 adalah klik account anda.
2.     Kemudian klik “sharing & extending”.
3.     Nanti Anda akan mendapatkan pilihan, Anda dapat meshare foto Anda ke facebook, yahoo, twitter, maupun blog. Dalam hal ini saya akan mencoba share ke akun facebook saya. Klik “connect” .




4.     Kemudian, klik “continue”
5.     Maka Anda telah terkoneksi ke Facebook, ini dapat dilihat “Activity updates : on”. Berarti tandanya kita sudah bisa share foto dari flickr ke facebook.
6.     Untuk mencoba share, kita kembali ke halaman home dahulu. Kemudian klik “your photostream”.
7.     Kemudian Klik icon facebook.





8.     Klik saja “post”
9.     Klik “Ok”
10.   Ini tampilan di akun facebook saya, setelah di share.

Mungkin ini saja yang bisa saya jelaskan tentang bagaimana tutorial dari Flickr. Yang jelas Filckr ini adalah salah satu situs yang dapat kita gunakan untuk mengupload foto, atau kata lain dapat menjadi labum foto kita secara online. Bahkan kita dapat share lagi ke orang lain dengan proses yang mudah.

“TERIMA KASIH”

0 komentar:

Posting Komentar

 
 

© Bluberry Template Copyright by Cendana_Site's

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks